Rabu, 21 Maret 2012

Pengertian Karya tulis Ilmiah dan Contohnya

Pengertian Karya tulis Ilmiah dan Contohnya adalah :

Karya tulis yang memiliki karakteristik keilmuan dan memenuhi syarat keilmuan,yaitu:
1.Isi kajian berada pada lingkup pengetahuan ilmiah.
2.Menggunakan metode berpikir ilmiah.
3.Sosok tulisan keilmuan

Jenis-jenis kaarya tulis ilmiah
A.Buku Pelajaran Dikatakan sebagai karya tulis ilmiah di bidang pendidikan karena memilikikebenaran ilmiah dan disusun dengan landasan teori tertentu.

Makalah
Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan.
Ciri-ciri makalah
1.Merupakan hasil kajian literatur atau hasil laporan pelaksanaan kegiatan lapangan mengenai suatu permasalahan.
2.Mendemonstrasikan pemahaman teoritik dan kemampuan menerapkan prosedur, prinsip dan teori yang berhubungan dengan permasalahan
3.Menunjukkan kemampuan pemahaman isi dan berbagai sumber yang digunakan.
4.Mendemonstrasikan kemampuan menyusun berbagai sumber informasidalam satu kesatuan sintesis yang utuh.
Makalah yang sering digunakan dalam karya tulis ilmiah
1.Common paper,
makalah yang dibuat secara deskriptif dan dengan mengemukakan berbagai aliran dan pendapat serta diperlukan argumentasi untuk mempertahankan suatu aliran atau pendapat tersebut.
2.Position paper,
makalah yang dibuat untuk menunjukkan penguasaan pengetahuan serta di pihak mana penulis berdiri dan diperlukan sintesis juga evaluasi dalam penyusunannya.


Laporan Hasil Penelitian
Merupakan sajian tertulis dari hasil kegiatan penelitian yang telah dilakukan atau bisa dikatakan sebagai pertanggung jawaban dari kegiatan penelitian. Jika disusun dalam kaitannya dengan persyaratan akademik, maka bentuk laporannya dapat berupa skripsi, tesis atau disertasi.

contoh
Fungsi karya ilmiah bagi karier guru
Fungsi karya tulis ilmiah bagi karir guru adalah mereka yang berkehendak memperdalam pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan profesidan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan. Selain itu karya tulis ilmiah dapat dijadikan sebagai sarana untuk kenaikan pangkat atau jabatan yang lebih tinggi. Kaitan pengembangan profesi guru dengan karya tulis ilmiah Penulisan karya tulis ilmiah dapat dijadikan sarana untuk pengembangan profesi guru. Jadi jika seorang guru ingin menaikkan pangkatnya, maka ia harus menulissebuah karya tulis ilmiah.Dengan angka kredit yang berbeda-beda, diantaranya:
1.Untuk makalah yang berisi ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri di bidang pendidikan.
a. Dalam bentuk buku yang dipublikasikan (angka kreditnya)
b. Dimuat dalam majalah ilmiah (angka kreditnya 4)
c. Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan di perpustakaan sekolah dalam bentuk buku (angka kreditnya 7)
d. Dalam bentuk makalah tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikanperpustakaan sekolah (angka kreditnya 3,5)
e. Karya tulis ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey dan atau evaluasidi bidang pendidikan:
1) Dalam bentuk buku dan dipublikasikan (angka kreditnya 12,5)
2) Dalam majalah ilmiah yang dipublikasikan (angka kreditnya 6)
3) Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan di perpustakaansekolah dalam bentuk buku (angka kreditnya4) Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan di perpustakaansekolah dalam bentuk makalah (angka kreditnya 4)
1.Buku pelajaran atau modul
a.Bertaraf nasional (angka kreditnya 5)
b.Bertaraf provinsi (angka kreditnya 3)
c.Diktat pelajaran (angka kreditnya 1)
d.Karya terjemahan buku pelajaran atau karya ilmiah yangbermanfaat bagi pendidikan (angka kreditnya 2,5)Angka kredit diatas diperuntukan bagi perseorangan.
Bila kelompok, makapenulis utama mendapat 60% dan penulis pembantu mendapat 40% dandibagi rata yang jumlahnya tidak lebih dari 5 orang
Kiat-kiat jadi penulis
1.Mempunyai cita-cita untuk menjadi penulis.
2.Banyak membaca.
3.Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4.Sering berlatih menulis.
5.Mencoba mengirimkan tulisan ke media cetak.

Membuat karya tulis ilmiah:
Kriteria pemilihan permasalahan
1.Untuk memulai menulis harus diawali dengan mengangkat permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, mulai dari permasalahan yang sederhana sampai ke permasalahan yang paling kompleks.
2.Ruang lingkup permasalahan haru dari yang kecil sampai lingkup yang besar, serta dari lingkup terbatas sampai lingkup terluas.
3.Permasalahan yang diangkat harus merupakan masalah yang actual penting dan perlu.
Setelah menetapkan kriteria permasalahan yang akan diangkat, langkah selanjutnya adalah:
1.Membuat daftar permasalahan yang timbul dalam benak pemikiransendiri.
2.Dari daftar permasalahan tersebut, buatlah skala prioritas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan:
1) Apakah masalah ini berguna atau cukup penting untuk saya persoalkan?
2) Apakah masalah ini akan menghasilkan sesuatu yang baru?
3) Apakah masalah cukup menarik perhatian?
4) Apakah masalah tersebut cukup terbatas, artinya tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit?
5) Apakah masalah yang dipilih didukung data dan keterangan-keteranganyang berhubungan dengan pokok persoalan.
6) Apakah masalah ini dapat diselesaikan dengan fasilitas dan kemampuan yang dimiliki? Untuk membuat konsep yang akan dijadikan acuan, maka harus dibuat garisbesar penulisan ( outline ), karena outline akan menjadi pedoman penulisan yang nantinya akan menghasilkan karya yang lebih baik dan sistematis.
Konsep tualisasi dan pengembangan gagasan:
Pengelompokkan masalah kehidupan sehari-hari, diantaranya:
1. Pendidikan 5. Budaya
2. Ekonomi 6. Kesehatan
3. Politik 7. Keamanan

Contoh Karya Ilmiah ( Kenakalan Remaja )
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Peralihan masa kanak-kanak, remaja, dewasa dan kemudian menjadi orang tua tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup yang berkesinambungan dari tahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri tersendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dengan masa remaja. Masa remaja sering dianggap sebagai masa yang paling rawan dalam proses kehidupan ini. Masa remaja sering menimbulkan kehawatiran bagi para orang tua. Bagi remaja, masa ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Oleh karena itu, para orang tua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orang tua para remaja hendaknya justru menjadi pemberi teladan di depan, di tengah membangkitkan semangat dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk si remaja.
Remaja adalah masa dimana sedang beralihnya masa anak-anak menuju masa kedewasaan. Pada umunya kenakalan remaja ini dilakukan oleh anak yang berumur antara 15-18 tahun. Pada masa ini jiwa mereka masih labil dan mereka tidak memiliki pegangan yang pasti. Mereka berbuat sesuai dengan pikiran dan nalar, perbuatan itu mereka lakukan dalam mencari jati diri mereka sebenarnya.
Remaja pada umunya mengalami bahwa pencarian jati diri atau keutuhan diri itu suatu masalah utama karena adanya perubahan-perubahan sosial, fisiologi dan psikologis di dalam diri mereka maupun di tengah masyarakat tempat mereka hidup. Perubahan-perubahan ini dipergencar dalam masyarakat kita yang semakin kompleks dan berteknologi modern. Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya.

B. RUMUSAN MASALAH
Dari uraian singkat tersebut diatas maka muncul beberapa persolan yang tentunya sangat menarik sekali untuk dibahas demi mencari titik temu permasalahan, persolan tersebut dirangkum dalam bebarapa rumusan masalah yang akan dibahas nantinya dalam bab berikutnya, rumusannya yaitu :

Siapakah anak dan remaja itu ?
Bagaimana masa remaja itu ?
Apa faktor yang melatar belakangi kenakalan remaja ?
Apa akibat yang ditimbulkan dari kenakalan remaja tersebut ?
Bagaimana upaya penaggulangannya?

C. TUJUAN PENULISAN
Penulisan ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui seberapa kuat efek pergaulan dalam kehidupan para remaja.
2. Mengetahui seberapa kuat pengaruh dari orang tua, peran masyarakat, dan media pendidikan dalam membentuk kepribadian para remaja.
3. Mengetahui cara-cara pencegahan dan penyebaran terhadap pengaruh pergaulan para remaja.
4.Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Bahasa Indonesia.

D.MANFAAT PENULISAN
Penulisan ini juga bermanfaat untuk :
1. Memberikan informasi ke orang tua bahwa penulisan ini dapat digunakan untuk menyikapi, menanggulangi, dan menyadarkan kepada anak dan anak didiknya.
2. Memberikan semangat baru dalam pendidikan pergaulan remaja, termasuk di rumah dan lingkungan pergaulannya.
3. Memberikan pengetahuan yang lebih baru dan lebih luas tentang remaja.
4. Memberikan rasa lebih berhati-hati dan lebih peduli dengan lingkungan pergaulannya.

E. SISTEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika penulisan dari karya tulis ini adalah sebagai berikut ;

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan
E. Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI
A. Definisi Kenakalan Remaja
B. Jenis-jenis Kenakalan Remaja
C. Permasalahan Remaja Masa Kini
D. Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Remaja
E. Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Kenakalan Remaja
F. Pendekatan Dan Pemecahan Masalah



BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

By : cobacaritahu.blogspot.com

Tidak ada komentar: